Kelas Menulis

Sesuatu yang serba tanggung, hasil akhirnya juga tanggung. Aku tak ingin setengah-setengah menjadi penulis. Aku ikut kelas penulis beken Nurhayati Pujiastuti. Dan setelah masuk kelas, baru kutahu kalau menulis itu gampang, cuma modal imajinasi dan mau. Iya, hanya modal mau. Kalau imajinasinya seabrek dan tidak dieksekusi, hasilnya nol besar. Tak ada tulisan jadi.

Mbak Nur penulis yang rajin. Setiap hari dia menulis dan mengirimkan ke media. Tulis lagi dan tak berpikir tulisannya ditolak. Lama-lama kemampuan menulis akan terasah dan menghasilkan tulisan bagus. Jauh berbeda denganku dulu. Dulu dalam sebulan aku hanya menulis 1 cerpen, selanjutnya kutunggu dan kutunggu. Ternyata ditolak. Lalu aku patah semangat dan ngambek menulis. Setelah punya anak baru berani menulis lagi.

Huff.. Baru kusadari kesalahanku yang membuang waktu. Padahal ide berkelebat dimana-mana. Tugas penulis itu hanya menulis. Bukan melamun. Ide bisa didapat dari melihat gambar atau mendengarkan celotehan seseorang. Kembangkan imajinasi. Dan satu pesan mbak Nur, menulis harus sekali duduk. Hohoho… aku belum pernah melakukan. Dan disini aku dipaksa. Dan hasilnya sudah 2 tulisan yang masih kusimpan di file. Rencananya diendapkan dulu. Beberapa waktu lagi baru dikirim.

Laptop ada, hp juga bisa. Kertas kecilpun boleh jadi alat menulis. Kelamaan melototin sosmed bikin kita tidak produktif. Padahal dulu aku ngetiknya pakai mesin tik, dan tidak boleh salah. Salah sedikit ulang lagi, baru berani kirim. (Coba tebak berapa umurku hehe). Sekarang bisa dimanapun dan kapanpun. Alhamdulillah, Allah mempertemukanku dengan guru menulis yang baik, semoga ini bisa menjadi jalanku.

Tidak boleh setengah-setengah. Aku harus total.

Iklan

7 thoughts on “Kelas Menulis

  1. Yuhuuuuu… Tosss… Sesama murid mb Nur. Baca ini jadi ingat awal2 gabung di kelas Penulis Tangguh. Ayo mbak kita semangat. Saya sedang malas nih 😦

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s