Sharing Day : Mengasah Bakat

Nemu ini di draf. Tulisan perdana di grup Be A Writer. Saat aku masih unyu hihi.

Pisau kalau tidak diasah akan tumpul. Begitupun kita, punya bakat sehebat apapun kalau tidak diasah akan kembali ke nol. Seorang aktor profesional saja selalu latihan sebelum melakukan tugasnya. Ada latihan rutin, ada gladi resik sebelum pertunjukan, dan doa. Melakukan pekerjaan yang sama berulang-ulang bisa melicinkan jalan menuju sasaran.  Begitupun menulis.

Rasa sesalku masih menggunung, mengingat dunia tulisan ini kutinggalkan bertahun-tahun. Tulisan terakhirku dimuat di media tahun 2006. Dan setelah itu nol besar. Sekarang aku tertatih-tatih lagi belajar menulis. Mulai dari alif lagi, terbata-bata lagi. Jemariku kaku di atas keyboard. Padahal aku meninggalkan menulis bukan untuk satu alasan penting. Aku sering menunda, dan tanpa sadar itu terjadi bertahun-tahun.

Beruntung aku diajak Ila Rizky ke grup ini. Berteman dengan komunitas penulis menjadikan minat menulisku bangkit lagi. Tak ada kata terlambat untuk kembali. Tak perlu disesali yang sudah terjadi. Karena itu aku mulai kembali menulis walaupun di blog dengan tulisan-tulisan singkat, walaupun belum “ngena” 😥

Sekedar sharing dari ilmu beberapa teman-teman penulis, untuk selalu menjaga minat menulis yang sudah aku lakukan :

1. Tugas utama penulis adalah menulis. Jadi menulis setiap hari, dalam bentuk apapun.

2. Pekerjaan apapun, harus dengan niat kuat. Mungkin dulu aku nggak niat-niat banget nulis, jadinya terbengkalai sampai bertahun-tahun. Bisanya nulis status doang hiks..

3. Jaga mood menulis. Mood itu ditimbulkan, bukan ditunggu.

4. Impikan sesuatu hal yang bisa menggenjot kerja keras menulis (honor, hadiah dsb)

5. Manfaatkan media, bisa laptop, hp, buku atau secarik kertas untuk mengurung ide. Kadang-kadang ide bisa lepas kalau tak segera ditangkap.

Itu dulu sharingku sebagai penulis amatiran. Tulisanku saat ini masih belum “berbuah.” Mohon sumbangan saran dari teman-teman BAW mengingat aku sangat ingin seperti kalian. Terima kasih. 🙂

Tinggalkan Balasan

