Proyek Monumental Tahun 2014 : Aktif Menulis

Membaca judul di atas, mungkin teman-teman penulis memandang proyek monumental 2014 saya terlalu ringan. Kenapa tidak menerbitkan 2, 3 atau 4 novel di 2014?  Tapi sesuai pesan Pak Dhe, proyek ini harus reasistis dan sesuai kemampuan masing-masing. Inilah proyek saya. Saya ingin aktif menulis. Rencananya di tahun 2014, saya ingin tulisan saya muncul di media-media, dan nama saya mulai dikenal.

Kenapa menulis? Saya punya beberapa alasan :

1. Saya tidak bisa berdagang

Saya tidak bisa menawarkan dagangan, MLM dan sejenisnya. Saya pernah masuk MLM dan ujung-ujungnya hanya memperkaya Upline. Maaf, bukan bermaksud memojokkan teman-teman yang sudah menjadikan MLM sebagai sumber rezeki. Tapi beberapa orang memang tidak berbakat berdagang dan hanya jadi alat bagi seniornya.

2. Saya kasihan melihat putri saya ditinggal mengajar

Sedih rasanya harus menitipkan bayi pada orangtua setiap saya harus mengajar. Ada rasa bersalah, kurang perhatian penuh sebagai seorang ibu. Ada rasa sungkan pada orangtua, belum sempat membalas jasa mereka, sudah dikasih pe-er lagi mengasuh cucu. Melihat kesuksesan rekan-rekan penulis, mungkin suatu saat saya akan meninggalkan karir mengajar dan berkarir di rumah mendampingi anak. Insya Allah.

3. Menulis adalah salah satu bakat saya

Diantara bakat yang menjadi hobi saya, adalah menulis. Menulis tak butuh banyak media. Bisa memanfaatkan HP, kertas kecil dan kertas bekas untuk corat coret ide. Beda rasanya dengan bakat saya satu lagi, yaitu menjahit. Saya butuh ruang, butuh ketenangan, butuh waktu dan peralatan. Ribet. Rasanya menulis adalah proyek terbagus untuk tahun depan.

4. Finansial

Bagaimanapun, seorang istri akan merasa bangga bisa menghasilkan uang sendiri. Pemberian suami Alhamdulillah cukup, tapi tak ada salahnya saya ikut mencari rezeki tanpa menelantarkan tugas utama saya sebagai seorang istri dan ibu. Saya sudah bicarakan ini dengan suami, dan dia merestui. Insya Allah rezeki dari menulis selalu ada.

5. Bahagia

Beberapa postingan di blog, memunculkan banyak komentar positif. Mereke terinspirasi dengan tulisan saya. Bahagia rasanya mengetahui tulisan kita bisa bermanfaat bagi orang lain. Menulis bukan hanya asal tulis, tapi harus ada sesuatu yang bisa diambil dan diamalkan orang lain. Menulis bisa menjadi jalan mengajak kebaikan.

6. Tidak Repot

Menulis  berbeda dengan mengajar. Bangun tidur bisa nulis, tak pakai mandi dan baju seragam. Tak perlu bertemu banyak orang. Bisa nyambi, kalau anak tidur baru menulis. Intinya, fleksibel.

Alhamdulillah, proyek saya sudah direncanakan matang. Mudah-mudahakn Allah berikan jalan agar rencana saya terealisasi. Aamiin.

Artikel  ini diikutsertakan pada Kontes Unggulan:Proyek Monumental Tahun 2014

8 thoughts on “Proyek Monumental Tahun 2014 : Aktif Menulis

  1. Choirun Nisa' berkata:

    keren mbak….sukses menulis….saya juga merasa ga bisa berdagang…bakat bermain kawat perlu modal dan waktu..trus menulis???belum terbiasa…:hihi

Tinggalkan Balasan

