Tas Mickey Mouse

Sejak kecil Apa mengajariku menabung dulu kalau ingin beli sesuatu. Karena orangtuaku bukan orang kaya. Walaupun dari keluarga sederhana, Apa tetap berusaha memberikan yang terbaik bagi kami anak-anaknya. Aku dan adik sering diajak Apa ke pasar membeli majalah bekas. Soalnya kalau majalah baru kan mahal. Tapi kalau majalah bekas boleh beli dua atau tiga. Kalau ingin baca majalah baru, aku bacanya di perpustakaan sekolah.

Aku ingat, dulu aku sangat ingin punya tas sekolah baru. Soalnya aku tidak tiap naik kelas mendapatkan tas baru. Apa bilang, aku harus nabung dulu sampai dua ribu lima ratus (tahun 1990). Aku bela-belain menabung sampai Rp. 2.500,- dan setelah terkumpul, aku pergi ke pasar bersama Apa. Rasanya senang membeli sesuatu dengan hasil tabungan sendiri.

Di toko tas, aku memilih tas Mickey Mouse warna hitam merah. Tasnya bagus. Tapi aku kaget waktu pemilik toko bilang harga tasnya Rp. 9.000,- padahal aku sudah lama memilih dari sekian banyak tas. Kebiasaanku kalau dibawa ke pasar selalu lama di toko mematut-matut barang sebelum memutuskan membeli yang mana.

Aku pasrah tak jadi beli tas itu. Ya sudahlah, mungkin aku harus menabung lagi sampai cukup Rp. 9.000,- pemikiran anak-anak yang polos dan tak ingin merepotkan orangtua. Tak terpikir olehku untuk membeli tas yang lebih murah. Aku langsung pasrah, pengen pulang. Tapi Apa bilang kalau suka ambil saja, biar Apa yang nambah uangnya. Akhirnya tas itu sampai juga di tanganku.

Kebiasaan menabung yang diajarkan Apa terus kulakukan sampai dewasa. Alhamdulillah, pelajaran kecil yang berharga. Aku jadi bisa menghargai uang, belajar bersabar untuk menikmati hasil yang diinginkan. Ada baiknya Apa mengajarkan hidup susah, walaupun aku tahu Apa bisa membelikan tas itu tanpa uangku. Apa memberiku kail, bukan ikan. Terima kasih, pa. Aku juga akan mengajari anakku berusaha keras dulu sebelum mendapatkan hasil.

Artikel ini disertakan dalam Semut Pelari Give Away Time, Kenangan paling berkesan dengan papa

2 thoughts on “Tas Mickey Mouse

Tinggalkan Balasan

