Hijab Simpel

Berhijab adalah kewajiban wanita muslimah dewasa. Alhamdulillah aku sekolah di pesantren, otomatis harus berhijab sejak tsanawiyah. Di sekolahku siswinya diwajibkan memakai lilik (mudhawarah). Lilik itu mirip pashmina, tapi kain polos panjang 2 meter, lebar 75 cm. Memakainya dililitkan ke kepala. Jadilah lilik pakaian sehari-hari ke sekolah. Baik guru maupun siswinya.

Waktu aku wisuda, kampusku juga mewajibkan memakai mudhawarah. Tapi karena tertutup baju wisuda, mudhawarahnya seperti pendek, padahal sebenarnya panjang.

Ini mudhawarah. Terakhir kupakai waktu wisuda dulu.

Ini mudhawarah. Terakhir kupakai waktu wisuda dulu.

Waktu kuliah aku sering ikut-ikutan teman dengan jilbab model ikat sana sini, diputar-putar, sampai aku pusing sendiri. Soalnya aku merasa tidak nyaman. Aku suka hijab yang simpel. Memakainya gampang, dan yang terpenting menutup aurat (rambut sampai dada). Kebanyakan model hijab yang aku lihat sekarang lebih menonjolkan bagian tersembunyi dari wanita, hijab hanya sekedar tempelan.

Aku suka memakai kerudung instan yang panjang, terlebih sekarang ini karena aku menyusui. Jadi di tempat umum aku bisa “menyembunyikan” anakku di balik jilbab tanpa harus membuka aurat.

Aku sering hanya pakai 2 model jilbab.

1. Jilbab segi empat plus bordir / payet di pinggirnya

Biasanya aku memakai jilbab model ini kalau aku pergi mengajar atau pergi ke acara-acara resmi. Biasanya aku memasang lurus tanpa gaya, atau sedikit variasi. Sering juga aku memakai jilbab segi empat polos yang harganya lebih murah, dengan warna senada dengan  baju.

DSCN2091

2. Jilbab instan

Biasanya aku memakai jilbab ini untuk acara santai atau dalam perjalanan. Memakainya praktis, tak perlu bros atau jarum pentul. Dibandingkan harus memakai pashmina, aku lebih memilih memakai jilbab instan, karena modelnya sudah dibuat menarik. Jadi tak perlu menumpuk jilbab, memutar, atau menyematkan aksesoris di atasnya. DSCN8095

 

Perkembangan model hijab akan terus ada. Kita tak harus selalu mengikuti. Pilih yang sesuai dengan syariat, yang membuat nyaman diri kita, dan sesuaikan dengan kebutuhan. Tak harus mahal, pasti bisa kok kita memakai hijab gaya tanpa banyak biaya. Hijab tak selalu harus model terbaru, asal pintar menyesuaikan dengan warna pakaian, pasti tetap cantik dan syar’i.

Putri kecilku suka berhijab. Mudah-mudahan sampai dewasa dia menjadi muslimah yang seutuhnya. Aamiiin…

Maksain pakai jilbab, padahal bajunya bukan baju muslimah :)

Maksain pakai jilbab, padahal bajunya bukan baju muslimah 🙂

“Give Away Idul Adha dari Hijaiya”

4 thoughts on “Hijab Simpel

Tinggalkan Balasan

